Model Atap Rumah Minimalis Simpel dan Bergaya Moderen

Atap Rumah Minimalis Simpel

Model atap rumah minimalis yang sederhana namun tetap mengusung penampilan moderen menjadi incaran konsumen, oleh karenanya banyak developer kini berlomba-lomba dalam memberikan desain yang menarik bagi target konsumennya. Sebagai bagian penting dari sebuah hunian, atap memiliki fungsi vital dalam melindungi orang yang menghuni dan rumah itu sendiri. Oleh karena itu dalam membangun sebuah atap yang baik, perlu berbagai perhitungan agar dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi yang menghuninya.

Dalam pembuatan model atap rumah minimalis, tiga hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan konstruksinya adalah struktur penutup atap, gording atap, serta kuda-kuda pada atap yang akan menopang berdirinya konstruksi rangka. Untuk bagian penutup atap, dibebankan pada struktur rangka atap. Bagian rangka atap ini memiliki komponen seperti kuda-kuda, gording dan usuk serta reng. Seluruh berat dari komponen-komponen atap ini kemudian dibebankan pada fondasi melalui kolom atau balok yang dibangun pada rumah minimalis.

Dalam membangun atap rumah, struktur yang dibuat harus menyesuiakan denah bangunan yang akan dibangun atap diatasnya secara keseluruhan. Misalnya, rumah minimalis yang anda miliki berlantai  dua, maka struktur atap yang akan dibangun harus mengikuti denah rumah yang ada di lantai dua.
Berikut ini adalah contoh struktur atap rumah minimalis yang sederhana namun tetap memiliki konsep yang bergaya modern :
  • Bentuk atap pelana
Model ini memilik ciri khas adanya pertemuan dua bidang miring yang menjulang vertikal dan berada dalam satu garis lurus. Garis lurus yang menghubungkan dua bidang miring ini biasa disebut dengan bubungan.
  • Bentuk Atap Perisai
Model atap ini hampir sama dengan model atap pelana, namun bedanya, dalam satu atap terdiri dari dua bidang miring yang bentuknya trapesium dan pada dua bidang atapnya mempunyai bentuk segi tiga dengan tingkat kemiringan yang sama.
  • Bentuk atap kombinasi antara pelana dengan perisai
Bentuk atap ini merupakan kombinasi dari atap pelana yang sederhana dengan dua bidang miring, dan memiliki bentuk segitiga pada dua bidang atapnya. Untuk membangun model atap seperti ini, para perancang juga menggunakan kreativitasnya agar atap terlihat lebih menarik namun juga tidak mengurangi fungsi atap sebagai pelindung.
  • Bentuk Atap Datar
Bentuk ini merupakan bentuk paling sederhana dan biasa digunakan untuk atap teras rumah
  • Bentuk Atap Sandar
Sesuai dengan namanya, atap sandar dipasang bersandar pada bangunan dan atap ini biasa dipasang pada bangunan tambahan pada rumah minimalis.
model atap rumah, model atap rumah minimalis, atap rumah minimalis, bentuk atap rumah, bentuk atap rumah minimalis, atap minimalis, model atap minimalis, model atap teras rumah, model atap rumah sederhana, desain atap rumah minimalis